Rabu, 25 Agustus 2010

Tahapan Instalasi Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 5

Persiapan Intalasi
Sebelum memulai instalasi Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 5, sebaiknya anda melakukan sejumlah langkah berikut :
1.    1. Back-up semua data penting anda ke media penyimpanan lainnya sebelum melakukan proses instalasi.
2.    2. Sangat dianjurkan untuk membedakan harddisk yang berbeda jika ingin melakukan dual booting
    3. Dianjurkan untuk menjaga kestabilan tegangan listrik. Hal ini di karenakan pada saat instalasi RHEL akan mengakses dan memformat harddisk. Apabila listrik mati, maka akan terjadi kerusakan di dalam harddisk anda (bad sector). 
     4.  Menggunakan media DVD yang baik, agar proses instalasi berjalan dengan lancer. 
     5. Menyetel BIOS
Sebelum instalasi RHEL, BIOS harus diset Boot Device Priority-nya dulu agar First Boot menunjuk ke CD/DVD ROM. Untuk masuk BIOS, tiap motherboard mempunyai standar sendiri. Namun sebagian besar tinggal menekan tombol del atau F2.
Mendapatkan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 5   
RHEL 5 bisa didapatkan dengan cara download file ISO master di situs www.Redhat.com atau bisa di search di google. Setelah dapatkan file ISO, maka dapat di Burning  ke media disc dengan software seperti Nero Express ataupun software lainnya.  
Kebutuhan Hardware 
Instalasi RHEL 5 dapat berjalain dengan baik apabila  anda memenuhi spesifikasi hardware sebagai berikut ;
1.    RHEL 5 dapat digunakan pada processor Pentium 3, namun dianjurkan (dan dioptimasi) untuk Pentium 4 atau diatasnya. Jika menggunakan Processor AMD pun dianjurkan dengan kecepatan setara Pentium 4 atau diatasnya.
2.     Minimal RAM yang digunakan adalah 256 MB. Namun kami merekomendasikan 512 MB atau lebih. 
3.   Untuk menginstall secara komplit RHEL 5, membutuhkan ruang harddisk sekitar 5,5 GB. Tetapi kita bisa menginstalnya dengan ruang harddisk yang lebih kecil, tetapi dengan versi yang minimalis.

Tahapan Awal Instalasi RHEL 5 
Masukkan salah satu dari 3 kaset RHEL 5 ke dalam DVD-ROM drive, kemudian jalankan computer dengan mem-boot dari DVD-ROM drive 
Setelah proses booting berhasil, maka akan tampil gambar sebagai berikut
 
Tekan Enter untuk memulai proses instalasi RHEL 5, dan tak lama kemudian akan tampil halaman seperti pada gambar berikut:
Setelah proses booting selesai maka Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu OK dan SKIP
 Pilihan ‘’OK’’ untuk mengecek kondisi disk apkah masih baik atau tidak
 Pilihan ‘’SKIP’’ untuk langsung proses instalasi

5Tekan SKIP untuk langsung proses instalasi RHEL 5
Tunggu sampai selesai hingga menampilkan gambar seperti dibawah ini, kemudian klik Next pada kanan pojok bawah untuk memulai proses awal instalasi RHEL 5 



 Pada bagian ini, Anda dipersilakan untuk memilih bahasa yang akan digunakan selama instalasi, dan klik Next jika sudah memiliih bahasa.   
Lalu pilih jenis susunan papan ketik(keyboard) yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah klik Next. Berikutnya Anda diminta memasukkan nomor instalasi 
 Nomor Instalasinya untuk versi desktop yaitu 61a9-6cf4-61e9-2d6d, bisa diperoleh dari internet dengan membuka situs:
http://kbase.redhat.com/faq/docs/DOC-15409  
Jika dalam proses instalasi tidak memasukkan nomor instalasi proses instalasi RHEL tetap bisa dilanjutkan, hanya saja RHEL tidak terinstal dengan sempurna 
 Selanjutnya kita dapat melihat dan memodifikasi layout partisi pada hard disk, klik Next  
Selanjutnya ada peringatan bahwa kita akan memformat seluruh hard disk dengan menghilangkan semua data yang ada  
Selanjutnya kita akan memilih device jaringan, kita bisa memilih secara otomatis, manual, dan juga untuk setting yang lainnya. Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi.  
Pilih lokasi zona waktu Anda, yaitu Negara dan kota  tempat anda tinggal yang tersedia. Jika tidak ada yang sesuai, pilih UTC, lanjutkan dengan menekan tombol Next.  
Selanjutnya buat Password untuk root. Account root berguna untuk administrasi system, kemudian klik Next Langkah berikutnya adalah setup software. Kita juga dapat melakukan customize untuk menambahkan aplikasi-aplikasi yang tersedia. Jika tidak memilih customize sekarang, lanjutkan ke langkah berikutnya dengan mengklik Next.  
Klik Next untuk memulai instalasi Red Hat Enterprise Linux Client 
 Selanjutnya adalah proses  pemasangan Red Hat Linux 5 ke Hard Disk 
 Tahapan awal instalasi RHEL telah selesai, pindahkan media instalasi apapun yang dipergunakan selama proses instalasi dan klik restart(booting ulang) untuk sistem anda  
Selanjutnya komputer akan melakukan proses restart 
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar